1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan telematika!
Kata TELEMATIKA, berasal dari istilah dalam bahasa Perancis
“TELEMATIQUE” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi
dengan teknologi informasi. Pertama kali memperkenalkan kata ini adalah
penulis buku berjudul “L’informatisation de la Societe” yaitu Simon Nora
dan Alain Minc pada tahun 1978.
Istilah telematika dari segi hukum adalah perkembangan sistem elektronik
berbasis digital antara teknologi informasi dan media yang awalnya
masing – masing berkembang secara terpisah. Para praktisi menyatakan
bahwa TELEMATICS adalah singkatan dari TELECOMMUNICATION and
INFORMATICS” sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and
Communication. Istilah Telematics juga dikenal sebagai “the new hybrid
technology” yang lahir karena perkembangan teknologi digital.
Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan
informatika menjadi semakin terpadu atau populer dengan istilah
“konvergensi”. Semula Media masih belum menjadi bagian integral dari isu
konvergensi teknologi informasi dan komunikasi pada saat itu. Menurut
Wikipedia, Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan
Informatika. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam
bidang, sebagai contoh adalah:
• Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal
sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and
Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu
yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi
dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
• Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem
Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai
bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah
(mobile communication technology).
• Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang
kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
2. Bidang apa saja yang terkait dengan telematika?
Ada berbagai macam bentuk dari telematika yang telah berkembang di
banyak bidang. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya “tumpang tindih”
karena berbagai kegiatan kerja dapat menggunakan telematika untuk
menunjang kinerja dari usaha yang dilakukan. Berbagai macam bentuk
tersebut adalah :
• E-Government
E-government digunakan untuk administrasi pemerintahan secara
elektronik. Contoh riil dari program e-government ini adalah adanya
badan yang secara khusus mengurus hal – hal berkaitan dengan telematika
yaitu Tim Koordinasi Telematika Indonesi (TKTI). Tim ini bertugas untuk
mengkoordinasikan perencanaan dan mempelopori kegiatan dalam rangka
meningkatkan perkembangan dan pendayagunaan telematika di Indonesia.
Salah satu target dari tim ini adalah pelaksanaan sistem pemerintahan
secara online dalam bentuk situs di internet. Sehingga dengan adanya
situs ini, pemerintah dapat menjalankan fungsinya via internet dan
memberikan pelayanan yang transparan serta mudah diakses oleh masyarakat
luas.
• E-Commerce
Prinsip dasar dari e-commerce adalah proses jual beli yang dilakukan
secara elektronik melalui internet. Proses jual beli yang dimaksud
meliputi pemasangan iklan, melakukan pemesanan barang, melakukan
pembayaran, sampai mengirim dokumen klaim. Karena e-commerce dapat
diakses secara luas di seluruh dunia, maka proses jual beli pun terasa
mudah sebab sudah tidak bergantung pada ruang dan waktu. Siapapun dapat
membeli barang yang dijual di negara manapun dan kapanpun.
• E-Learning
E-learning merupakan contoh dari berkembangnya dunia pendidikan dari
cara konvensional (tatap muka di kelas) ke cara yang lebih terbuka
melalui internet. Hal ini dapat terjadi karena adanya teknologi
telematika yang dapat menghubungkan pengajar dengan muridnya. Kegiatan
seperti memberikan materi belajar, melakukan ujian, mengirim tugas,
mengecek nilai dapat dilakukan secara elektronik.
Perkembangan e-learning didukung dengan banyaknya web bernuansa
pendidikan yang dibangun sehingga memudahkan pengaksesan pendidikan oleh
siapapun yang ingin belajar tanpa dibatasi oleh umur dan gender. Selain
3 bentuk telematika diatas, masih banyak lagi bentuk lainnya yang juga
berkembang dengan pesat seperti e-research dan e-medicine. Bentuk
telematika yang bukan web dapat dilihat dari penggunaan GPS,
teleconference dan sistem 3G yang banyak dikembangkan pada telepon
selular.
3. Pendukung/perangkat apa saja yang digunakan dalam telematika, sebutkan dan jelaskan!
Interface dalam telematika meliputi banyak hal,salah satu nya
adalah video conference, Layanan video conference merupakan layanan
komunikasi yang melibatkan video dan audio secara real time. Salah satu
fitur yang terdapat pada interface telematika seperti : Aplikasi
Berbasis Web (berteknologi internet) yang tidak perlu diinstall di
setiap client dan bisa jalan di sistem operasi apapun (Open System).
Interface dalam telematika meliputi banyak hal,salah satu nya adalah
video conference, Layanan video conference merupakan layanan komunikasi
yang melibatkan video dan audio secara real time. Teknologi yang
digunakan untuk layanan video conference komersial pada awalnya
dikembangkan di atas platform ISDN (Integrated Switch Digital Network)
dengan standar H.320. Perangkat-perangkat lainnya seperti : LCD
Proyektor 7 9, Printer LazerJet/DeskJet/BubleJet 25 30, Ploter 1 1,
Scanner 4 5, Digitizer. Dari Aplikasi Keselamatan dan Keamanan misalnya:
SOS, Kontrol Jarak Jauh, Tracking Otomatis, dll. Aplikasi navigasi :
informasi Trafiki, Cuaca, GPS, dll.
Aplikasi komunikasi : Handfree, SMS dan MMS, Video Call, dll. Hiburan :
Musik, Video, Game, dll. Di bidang kesehatan misalnya: Respon
Kecelakaan, Rekam Medis, Manajemen Sumber Daya, konsultasi Jarak jauh,
dll. Di bidang pemerintahan : Layanan Kependudukan, Catatan Sipil, SIM,
dll. Bidang pendidikan : E-Learning, Informasi Akademik, Pendaftaran
Online, dll
Sedangkan,Infrastruktur komunikasi untuk mendukung teknologi telematika
antara lain adalah jaringan seluler (HP), jaringan Satelit, jaringan
Siaran Radio/TV, jaringan Titik Akses dan lainnya.
4. Apa keuntungan dan kerugian dari telematika?
Manfaat telematika bagi masyarakat antara lain; dunia pendidikan, asosiasi, para pengamat, industri itu sendiri,
1. Manfaat internet dalam e Business secara nyata dapat menekan biaya
transaksi daam berbisnis dan memberikan kemudahan dalam diversifikasi
kebutuhan.
2. Manfaat internet dalam e Goverment bisa meningkatkan kinerja
pemerintah dalam menyediakan informasi dan layanan untuk masyarakat.
3. Dalam bidang kesehatan dan juga pendidikan secara nyata juga telah memberikan nilah tambah bagi masyarakat luas.
4. Telematika cukup memberi warna tersendiri dalam perekonomian
nasional. Ditandai dengan mulai maraknya sekelompok anak muda membangun
bisnis baru menggunakan teknologi Internet, maka Indonesia tak
ketinggalan dalam booming perdagangan elektronis / electronic commerce
(e-commerce).
5. Pembangunan sektor Telematika diyakini akan memengaruhi
perkembangan sektor-sektor lainnya. Sebagaimana diyakini oleh organisasi
telekomunikasi dunia, ITU, yang konsisten menyatakan bahwa dengan
asumsi semua persyaratan terpenuhi, penambahan investasi di sektor
telekomunikasi sebesar 1% akan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional
sebesar 3%. Hipotesis ini telah terbukti kebenarannya di Jepang, Korea,
Kanada, Australia, negara-negara Eropa, Skandinavia, dan lainnya.
6. Sebagai core bisnis industry, perdagangan, efisensi dan peningkatan daya saing perusahaan
Kerugian Telematika:
1. Tindakan kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan media
internet. Contohnya, tindakan yang disebut carding, adalah cyber crime
dengan cara mencuri data kartu kredit dari nasabah suatu bank, sehingga
si pelaku carding (carder) dapat menggunakan data tersebut untuk
keuntungan pribadi.
2. Penyebaran virus atau malicious ware fraud atau penipuan yang
menggunakan electronic mail sebagai alat penyebaran informasi bagi si
penipu.
3. Kejahatan Telematika sebagai Kejahatan Transnasional, Contoh
kejahatan transnasional ini adalah human trafficking, penyelundupan
orang, narkotika, atau teroris internasional.
4. Kejahatan telematika merugikan individu,missal Lima orang hacker
(penyusup) yang berada di Moskow telah mencuri sekitar 5400 data kartu
kredit milik orang Rusia dan orang asing yang didapat dengan menyusup
pada sistem komputer beberapa internet retailer.
5. Kejahatan telematika merugikan perusahaan atau organisasi, Pada
tahun 1995, Julio Cesar Ardita, seorang mahasiswa dari Argentina
berhasil menyusup dan mengganti (cracking) data sistem yang ada di
Fakultas Arts and Science Universitas Harvard.
6. Kejahatan telematika merugikan Negara, misalnya: Serangan yang
paling merugikan adalah pengrusakan yang dilakukan olehhacker asing pada
situs Kementrian keuangan Romania pada tahun 1999, sehingga merugikan
pemerintah Romania milyaran dollar. Serangan ini dilakukan dengan
mengganti besaran kurs mata uang Romania sehingga banyak pembayar pajak
online yang terkecoh dengan data yang telah diganti tersebut.5 Hanya
sayangnya, kejahatan ini tidak berlanjut ke pengadilan karena tidak
adanya hukum yang mengatur kejahatan telematika yang bersifat
transnasional.
Sumber referensi:
Geen opmerkings nie:
Plaas 'n opmerking